Monday, November 5, 2012

Festifal Olahraga Tradisional


Jateng Terjunkan 15 Atlet di Festival Olahraga Tradisional
Senin, 01 Okt 2012 19:44:19  WIB



Sejumlah anak kontingen kabupaten Pekalongan saling berebut bola dari sabut kelapa saat memainkan olahraga sepakbola Engrang pada Festival Olahraga Tradisional se Jawa Tengah di lapangan Rindam Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (16/6). Festival yang mengusung tema "Satukan Perbedaan Tanamkan Persatuan" tersebut sebagai ajang memperkenalkan olahraga tradisional masing-masing daerah sekaligus untuk melestarikan budaya warisan leluhur. FOTO ANTARA/Anis Efizudin/ed/ama/12
Semarang, ANTARA Jateng - Jawa Tengah menerjunkan 15 orang untuk mengikuti festival olahraga tradisional tingkat nasional di Ternate, Maluku Utara, 12-15 Oktober 2012.


Penanggung jawab olahraga tradisional Jawa Tengah Joko PA di Semarang, Senin, mengatakan, mereka yang terpilih berdasarkan pada festival tingkat Jawa Tengah di Magelang beberapa waktu lalu.

Dari 15 perseonel Jateng tersebut, kata Joko yang juga Sekum Pengprov PASI Jateng, berasal dari satu kelompok yang menekuni olahraga tradidional dari Kebuman.

"Nama kelompok tersebut adalah Pandean," katanya.

Ketika ditanya olahraga tradisional apa yang akan ditampilkan dari Jawa Tengah, dia mengatakan, biasanya yang diperagakan adalah olahraga tradisional yang muncul dari daerah yang bersangkutan.

Ia mencontohkan, permainan "gobak sodor" atau "eggrang" adalah permainan yang muncul dari rakyat kemudian dikolaborasikan dengan olahraga karena dalam permainan itu ada unsur olahraganya.

Menyinggung penilaian terhadap olahraga tradisional, Joko yang sukses mengantarkan tim atletik Jateng meraih tujuh medali emas di PON 2012 tersebut mengatakan, tentunya keaslian permainan tersebut.

"Artinya bahwa permainan ini benar asli dari daerah yang bersangkutan, kemudian belum pernah dibakukan oleh pemerintah tetapi menjadi kekayaan daerah asalnya," katanya.

Biasanya, kata dia, pemenang festival tersebut adalah mereka yang menempati peringkat satu hingga 10 berdasarkan penilaian dari panitia penyelenggara. 

No comments:

Post a Comment