Monday, November 5, 2012

Artikel Kesehatan Anak


Anak Suka Olahraga? Perhatikan Nutrisinya Yuk!

Meskipun masih muda, banyak anak-anak dari usia 5 tahun yang sudah secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Tidak ada makanan ajaib yang bisa menjadikan anak Anda menjadi juara. Hanya makanan bergizi seimbang 

yang bisa membuatnya lari lebih cepat atau melempar lebih jauh. Kegiatan fisik ini menuntut lebih banyak asupan gizi dan istirahat yang cukup.


Anak Anda aktif dan sering melakukan kegiatan olahraga? Perhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Asupan kalori yang cukup karena tanpanya anak Anda akan merasa cepat lelah dan lemah. Untuk memenuhi jumlah kalori yang dibutuhkan, tambahkan bentuk karbohidrat lain seperti pasta, kentang, kacang dan roti sebagai sumber energi.
  • Asupan protein untuk anak-anak yang aktif biasanya sedikit lebih tinggi. Tambahan protein dibutuhkan untuk meningkatkan massa otot dan jaringan lemak.
  • Asupan cairan tambahan sering diabaikan oleh anak-anak yang aktif dan oleh pelatih mereka. Padahal selama latihan, anak-anak berkeringat dan kehilangan cairan yang harus diganti untuk mencegah dehidrasi. Pastikan anak-anak Anda minum banyak air sebelum berolahraga dan kemudian minum lagi setiap sepuluh sampai 20 menit selama latihan itu berlangsung. Kebutuhan cairan ini bervariasi tergantung dengan tingkat aktivitas yang dilakukan dan cuaca. Meskipun minuman elektrolit dipercaya memiliki keunggulan dibandingkan air, air putih tetap merupakan pilihan cairan tambahan terbaik.

No comments:

Post a Comment